Saturday 1 February 2014

8 Pendaratan Pesawat yang Salah Tempat

1. Pilot keliru mendaratkan pesawatnya
Ketika roda pesawat Scott Schieffer menyentuh tanah di tempat tujuan, sepertinya ada sesuatu yang salah. Penerbangan Southwest Airlines 4013 yang take-off dari Bandara Chicago’s Midway ini semula dijadwalkan untuk tujuan ke Dallas, dan berhenti di Branson, Missouri.
Pesawat mendarat di tempat salah
Namun apa yang terjadi? Pesawat justru mendarat di Bandara Taney County, yang jaraknya sekitar 8,6 mil (13,8 km) dari landasan yang sebenarnya. Landasan di Bandara Taney County hanya memiliki panjang 3.738 kaki (1,14 km), jauh lebih pendek dibandingkan dengan di Branson (2,2 km).
Pilot mengaku tidak menyadari berada di bandara yang salah sampai pesawat mendarat. Pantas saja dia harus melakukan pengereman secara terus-menerus, karena lintasannya lebih pendek dari yang diperkirakannya.


Setelah mendarat di bandara yang salah, seluruh penumpang yang berjumlah 124 orang itu dibawa dengan mobil ke bandara yang sebenarya, kemudian diterbangkan ke Dallas menggunakan pesawat lain pada hari itu juga.

2. Mendarat di jalan raya Kota New York
Nah, kasus ini lebih menggelikan, dan terjadi di bulan ini (Januari 2014) juga.  Sebuah pesawat kecil melakukan perjalanan ke Connecticut. Setelah mengadakan tur ke Patung Liberty, pesawat pun pendaratan darurat di jalan raya Kota New York.
Pesawat mendarat di tempat salah
Menurut laporan polisi, pilot dan penumpang terkejut, namun pesawat mendarat dengan selamat, tanpa ada seorang pun yang mengalami luka serius.
Pesawat tersebut, Piper PA-28, dikemudikan sekitar pukul 3.20 PM ke sisi utara dari tol Major Deegan di Bronx. Terdapat tiga orang di dalam pesawat tersebut. Polisi dan petugas pemadam kebakaran mengatakan, pilot dan kedua penumpangnya dibawa ke rumah sakit Bronx, meski tidak ada yang mengalami cedera serius.

3. Mendarat di atas pesawat lain
Kalau yang ini lebih aneh dan unik. Sebuah pesawat hendak mendarat, tetapi malah menabrak dan berhenti tepat di atas pesawat lainnya di Bandara Roanoke, Texas, AS.
Pesawat mendarat di tempat salah
Menurut laporan beberapa media di Amerika, sebelum insiden ini terjadi, kedua pilot sebenarnya sedang berbicara di radio. Tampaknya salah seorang pilot memutuskan memberikan jalan bagi pilot lain agar lebih dulu mendarat.
Tapi, itulah, keduanya justru bertabrakan di landasan pacu. Baling-baling pesawat hancur, sehingga menimbulkan kerusakan besar pada kedua pesawat.

4. Mendarat di tengah jalan di Alaska
Belum lama ini, seorang pilot muda terpaksa melakukan pendaratan darurat di tengah jalan. Si pilot, Armon Tabrizi, terpaksa melakukan hal itu karena pesawat mulai kehilangan keseimbangan.
Pesawat mendarat di tempat salah
Ada dua orang lainnya di dalam pesawat, yang sama-sama pemilik saham Land and Sea Aviation, sebuah sekolah penerbangan di Kota Merril Field.
Ketiganya, termasuk pilot, kemudian berdiskusi untuk mendarat di landasan Campbell. Tapi rencana dibatalkan, karena dikhawatirkan pesawat akan menabrak pohon. Akhirnya diputuskan untuk mendarat pada jalan di Alaska.
Armon sebenarnya tidak terlalu yakin bisa mendaratkan pesawat Cessna 172RG Cutlass di tengah jalan. Apalagi saat itu kondisi jalanan ditutupi salju. Setelah jalanan terlihat sepi, dia menjalankan saja perintah dua pemilik sekolah penerbangan itu. Aha, pendaratan darurat berhasil, tanpa seorang pun terluka.

5. Mendarat di Pantai Auckland
Seorang pilot terpaksa mendaratkan pesawatnya di sebuah pantai di Auckland, Selandia Baru, yang ramai pengunjung. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam tragedi ini.
Pesawat mendarat di tempat salah
Kejadian ini berlangsung di Pantai Martins Bay, dekat Warkworth, bulan ini. Saat itu, mesin pesawat mengalami gangguan ketika berada sekitar 3 km dari lepas pantai.
Saat itu ada sekitar 500 orang di pantai. Namun pilot dengan sangat teliti bisa mendaratkan pesawat tanpa menimbulkan korban jiwa, meski pesawat dan sempat menabrak ombak saat mencoba lepas landas lagi.

6. Mendarat di jalan raya Madhya Pradesh
Sebuah pesawat pribadi, dengan empat tempat duduk, dan hanya ada pilot di dalamnya, membuat pendaratan darurat di jalan raya Madhya Pradesh akibat cuaca buruk. Untungnya, pilot tidak terluka. Tapi hal ini menjadikannya sebagai tontonan pagi hari bagi para pengendara yang melintas.
Pesawat mendarat di tempat salah
Pesawat kecil yang dinamai Piper PA-30 milik NRI Sam Verma itu terpaksa mendarat akibat angin kencang. Tayangan televisi menunjukkan drama pendaratan pesawat di tengah lingkungan yang penuh tiang listrik. Namun akhirnya pesawat mendarat selamat, beberapa meter dari deretan truk yang sedang parkir di pinggir jalan.

7. Mendarat di arena pacuan kuda
Seorang pilot mendaratkan pesawatnya di Parker County, setelah pesawat kehilangan baling-baling tengah pada ketinggian 2000 kaki.
Pesawat mendarat di tempat salah
Kejadian di bulan Januari ini membuat orang-orang yang ada dalam pesawat panik. Tapi untungnya pilot tetap tenang dan mencoba mendaratkan pesawatnya dengan aman.
Akhirnya, sang pilot bernama Jack Barnet dan berusia 79 tahun ini berhasil mendaratkan pesawatnya dengan aman di sebuah arena pacuan kuda di Willow Park.

8. Mendarat di atas truk pick-up
Sebuah video di youtube menunjukkan truk pick-up berhasil menyelamatkan pesawat yang akan mendarat. Pesawat ini mengalami kerusakan saat akan mendarat, kemudian sopir truk datang tepat di bawah roda bagian depan pesawat. Akhirnya sopir berhasil menyelamatkan pesawat itu.
Pesawat mendarat di tempat salah
Aneh, kok ada tindakan nekat seperti itu. Rupanya, keadaan darurat itu tidaklah nyata, melainkan video yang dibuat untuk iklan televisi Nissan Frontier. Meski demikian, video tersebut benar-benar berhasil menyita perhatian banyak orang.

Klik link dibawah ini untuk melihat videonya.
http://www.youtube.com/watch?v=lfYEa2n9zkk&rel=0

No comments:

Post a Comment