Saturday 1 February 2014

Uniknya "Jalanan Palsu" di China

Sebuah jalan yang terletak di dekat stasiun kereta api Wuxi timur di kota Wuxi, provinsi Jiangshu di China menjadi sorotan banyak media ataupun pelancong yang berwisata ke sana. Hal itu lantaran di sepanjang jalan tersebut dipenuhi deretan toko-toko asli tapi palsu alias aspal.
jalan palsu wuxi
Deretan toko-toko aspal tersebut sengaja dibangun oleh pengembang gedung pencakar langit Shimao untuk mengisi lantai dasar bangunannya dengan tampilan toko yang menggunakan logo serta nama yang mirip dengan merek terkenal.

jalan palsu wuxi 3
Jadi, kalau anda lihat disini, toko Apple akan menjadi “applA’, Zara menjadi ‘Zare”, H & M akan menjadi “H & N” serta Starbucks Coffee akan menjadi lebih aneh lagi yaitu “Sffcccks Coffee”. Yang jelas semua tulisan tersebut jika dilihat dari kejauhan akan mirip dengan merek toko yang aslinya, sampai-sampai penduduk setempat dan para nettizens di China menyebut daerah itu sebagai “Jalan palsu”.
jalan palsu wuxi 2
Meskipun terlihat seperti bentuk sebuah toko dengan berbagai merek terkenal, namun jangan harap bisa berbelanja atau menikmati makan dan minum didalam sebuah kafe dengan nama plesetan dari Starbucks, karena toko-toko terseut hanya merupakan dekor untuk komplek bangunan tersebut. Seperti sebuah set film, bangunan toko tersebut untuk saat ini didalamnya masih tidak terdapat apa-apa alias kosong.
jalan palsu uxi 4
Hingga kini, negara China memang masih terkenal dengan produk replika maupun produk palsu serta pelanggaran hak cipta dengan banyaknya kasus pembajakan barang-barang bermerek disana, termasuk yang paling terkenal adalah toko Apple palsu yang menjajakan produk-produk khusus Apple.
jalan palsu wuxi 5
Meski dikenal dengan banyaknya produk palsu dan kasus-kasus pelanggaran hak cipta, namun pemerintah China sepertinya masih bersikap acuh tak acuh terhadap kasus ini, ditambah dengan tidak adanya undang-undang yang ketat maka masalah tersebut tidak akan bisa berhenti dalam waktu yang singkat.

No comments:

Post a Comment