Saturday 1 February 2014

NASA dibuat Bingung dengan Kemunculan Batu Misterius di Mars

Mars merupakan planet yang penuh misteri dan dipenuhi tanda tanya. Misalnya ditemukannya bongkahan es, adanya jejak kehidupan di masa lalu, sumber air dan baru-baru ini munculnya sebuah batu misterius dalam sebuah foto.
Batu misterius yang berbentuk donat tersebut membuat kaget para peneliti yang saat itu sedang meneliti permukaan Mars. Karena memang dilokasi tersebut sebelumnya tidak ditemukan batu tersebut tergeletak.






Perbandingan dua foto Pancam baku dari Sols 3528 dan 3540 menunjukkan batu baru sekitar 3-inci tiba-tiba muncul entah dari mana beberapa meter di depan penjelajah itu. A Sol adalah hari Mars yang sama dengan 24 jam 37 menit.
Perbandingan dua foto Pancam baku dari Sol 3528 dan 3540 menunjukkan batu baru sekitar 
3-inci tiba-tiba muncul entah dari mana beberapa meter di depan penjelajah itu. 
A Sol adalah hari Mars yang sama dengan 24 jam 37 menit.
Keberadaan batu yang cukup misterius tersebut dipotret oleh Opportunity, sebuah robot penjelajah yang dikendalikan oleh tim peneliti dari NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL) yang dilakukan di Pasadena, California. Robot Opportunity itu mengambil gambar sebuah lanskap dengan menggunakan Panoramic Camera (PanCam) di sebidang daratan pada sol 3540. (Sol adalah satuan waktu hari di Mars yang satu harinya lebih cepat 40 menit dari waktu hari di Bumi).
Sebelumnya di lokasi tersebut ( sol 3528 ) dilakukan pemotretan dan beberapa hari kemudian, para peneliti kembali ke wilayah tersebut dan memotret dalam posisi yang sama dan betapa terkejutnya mereka begitu melihat ada sebuah batu yang tiba-tiba muncul, padahal sebelumnya tidak berada disana.
Tampilan resolusi tinggi dari batu misterius yang difoto Opportunity
Tampilan resolusi tinggi dari batu misterius yang difoto Opportunity
Hal yang membuat para peneliti menggaruk kepala tak gatal tersebut berlangsung tepat di hadapan mereka. “Kami melihat batu itu ada disana. Terlihat dengan tepian yang berwarna putih dengan cekungan dibagian tengahnya yang berwarna merah gelap, seperti donat jeli,” ucap Steve Squyres, pimpinan Mars Exploration, “Dan benda tersebut muncul begitu saja di lokasi tersebut, bahkan kami tidak berlalu di atas tanah itu. Itu sungguh mengagetkan, pada saat itu kami berkata ‘tunggu sebentar, batu itu tak ada di sana sebelumnya, itu tak mungkin. Ya Tuhan, batu itu tak ada di sana sebelumnya!’, dan kami semua sangat terkejut,” ungkapnya.
Steve mengakui bahwa selama 10 tahun meneliti Mars, baru kali ini ia melihat kemunculan mendadak sebuah benda yang sebelumnya tidak ada. Keberadaan benda tersebut dipotret pada 12 sol atau 12 hari yang lalu. “Benda itu mengandung belerang dan magnesium yang tinggi,” ujarnya.
bayang-bayang dari robot penjelajah Opportunity
Bayang-bayang dari robot penjelajah Opportunity
Menurut para peneliti JPL, terdapat beberapa kemungkinan mengapa batu misterius tersebut bisa muncul disana. Pertama adalah batu tersebut kemungkinan terpental oleh roda besi dari Opportunity saat kendaraan penjelajah itu berjalan. Namun anehnya, yang terpental hanya batu itu saja, tanpa adanya pergeseran batu lain yang diakibatkan oleh Opportunity.
Kemungkinan kedua adalah batu tersebut merupakan pecahan meteor yang melintas di sekitar Mars. Meteor tersebut kemudian terbakar dan serpihannya itulah yang jatuh ke permukaan planet Mars. Namun, para peneliti masih belum mengetahui apakah ada benda angkasa yang melintas pada saat sol 3528 hingga sol 3540 di Mars.
Sedangkan kemungkinan lain adalah batu tersebut dipindahkan oleh mahluk lain yang menandakan adanya kehidupan di Mars ?!

No comments:

Post a Comment