Saturday 1 February 2014

The Haiku Stairs, Tangga Menuju “SURGA” di Hawaii

The Haiku Stairs adalah serangkaian 4.000 anak tangga (bahkan lebih) dengan panjang 2.800 meter, yang membentang dari lembah Haiku ke puncak Pu’u Keahi A Kahoe di Hawaii, yang selalu tertutup awan. Ini merupakan jembatan pembantu guna menaklukkan medan yang berat. Masyarakat di sana menyebut The Haiku Stairs sebagai “Tangga Menuju Surga”, karena selalu digunakan untuk menuju ke puncak.
The Haiku Stairs
Ribuan anak tangga tersebut dipasang pada tahun 1942, dengan tujuan agar tentara Amerika Serikat bisa memasang kabel antena dari satu sisi tebing ke tebing lain, untuk kepentingan komunikasi radio frekuensi rendah. Awalnya, anak tangga hanya dibuat dari kayu.
Pada tahun 1950-an, anak tangga dari kayu tersebut diganti dengan beton setelah Pasukan Penjaga Pantai AS mengambilalih sistem navigasi.

The Haiku Stairs
Sejak 1987, tempat ini ditutup untuk umum. Memanjat tebing di sana menjadi kegiatan ilegal. Tetapi ratusan pejalan kaki berani mengabaikan tanda “Dilarang Masuk”. Biasanya, mereka mulai melewati tangga ini pada pagi hari, untuk menghindari penjaga yang ditempatkan di pangkalan.
The Haiku Stairs
The Haiku Stairs
Penduduk sekitar mengatakan, The Haiku Stairs tidak sulit untuk didaki. Pemandangan menakjubkan di sisi punggung bukit menjadikannya salah satu hal yang paling mengesankan.
The Haiku Stairs

Di bagian puncak, kita masih bisa melihat antena yang mentransmisikan sinyal radio 200.000 Watt, yang digunakan untuk berkomunikasi dengan kapal selam. Sinyal ini bahkan bisa ditangkap sampai ke India, yang berjarak sekitar 10.600 km.
The Haiku Stairs
Masyarakat setempat sudah beberapa kali meminta Pemerintah Negara Bagian Hawaii agar segera membuka kembali The Haiku Stairs untuk umum. Apa jawaban pemerintah? Butuh biaya yang mahal untuk menjaga agar anak tangga-anak tangga itu selalu dalam kondisi aman.
The Haiku Stairs

No comments:

Post a Comment